Seekor kuda poni unicorn bernama Twilight Sparkle adalah murid dari penguasa Equestria, Putri Celestia. Twilight Sparkle diperintahkan untuk rehat dari studinya dan pergi mencari teman. Dia dan asistennya, Spike, berteman dengan Rainbow Dash, Rarity, Applejack, Fluttershy, dan Pinkie Pie. Bersama-sama, mereka memulai banyak petualangan di kota Ponyville, sambil belajar lebih banyak tentang keajaiban persahabatan.