Setelah mengetahui bahwa teman-temannya, serta dirinya sendiri adalah Elemen Harmoni ajaib, si unicorn Twilight Sparkle yang rajin dikirim oleh mentornya, Putri Celestia, ke Ponyville untuk mempelajari keajaiban persahabatan dengan bantuan dari teman-temannya.