Slam Dunk
Hanamachi Sakuragi bergabung dengan tim basket SMA Shōhoku atas anjuran gadis idamannya, Akagi Haruko. Selain dia, Kaede Rukawa, saingan Sakuragi baik dalam hal percintaan maupun di lapangan basket, juga bergabung. Hisashi Mitsui, mantan pemain terbaik di SMP, dan Ryota Miyagi keduanya juga bergabung dengan tim Shōhoku untuk mencapai impian sang kapten tim, Takenori Akagi membawa Shōhoku menjadi juara nasional. Bersama-sama, kelimanya membentuk tim yang kuat dan Shōhoku yang sebelumnya tidak dikenal luas berubah menjadi salah satu calon juara.